Self-portrait in red chalk, circa 1512-1515. Oil on cotton wood, circa 1503–1505. Oil on wood panel, 1485. Oil on canvas, circa 1501. Oil on canvas (transferred from panel), circa 1490. Oil on walnut panel transferred to canvas, circa 1510–1515. Oil on panel, circa 1478–1480. 
Charcoal, black and white chalk on tinted paper, circa 1499–1500. Oil on panel, circa 1510.
Madonna of the Yarnwinder
Oil on canvas, circa 1501.

Monday, December 24, 2012

Membuat Typografi wajah dengan Photoshop

Kali ini saya akan memberikan Tutorial Photoshop yaitu Typografi Wajah. Semoga anda dapat mengikuti instruksi saya dengan baik dan mudah, Silahkan Mencoba.. semoga Berhasil...!! :D

LANGKAH-LANGKAH YANG HARUS DILAKUKAN
1. Persiapkan gambar yang akan anda gunakan untuk membuat typografi wajah, seret gambar tersebut Photoshop. Secara oatomatis gambar tersebut akan menjadi sebuah layer background. Doubleclick layer tersebut dan ubah menjadi layer biasa dan ubah namanya menjadi face.
Tipografi Wajah dengan Photoshop

2.  Seleksi bagian yang akan dibuat typografi, karena bagian kali ini adalah typografi wajah maka seleksi hanya bagian wajahnya saja. Anda dapat menggunakan Pen Tool (P).
Tipografi Wajah dengan PhotoshopTipografi Wajah dengan Photoshop3. Buatlah layer baru lalu beri nama backgound, kemudian posisikan paling bawah. Tekan tombol Ctrl+D untuk mengembalikan warna foreground-background menjadi hitam putih. Jika sudah, gunakan Paint Bucket Tool untuk mengisi layer background dengan warna hitam.
Tipografi Wajah dengan Photoshop4. Buatlah layer baru lagi dan berilah nama typografi. Kemudian pastikan warna pada foreground adalah putih seperti dibawah.Tipografi Wajah dengan Photoshop5. setelah Scrambled Letters Brush sudah kamu download, maka ada banyak pilihan brush yang berupa kumpulan banyak huruf yang dapat anda gunakan. Pastikan layer typografi aktif, dan mulailah sapukan brush dengan menggunakan Brush Tool (B) pada bagian wajah.Tipografi Wajah dengan PhotoshopTipografi Wajah dengan Photoshop6. Ulangi sapukan brush ke document namun menggunakan brush yang berbeda-beda jenisnya hingga kumpulan brush tadi terlihat cukup untuk membuat sebuah wajah.
Tipografi Wajah dengan Photoshop7. Jika sudah, tekan dan tahan tombol Ctrl, kemudian klik pada Thumbnail layer typografi agar seluruh bentuk pada layer tersebut terseleksi.
Tipografi Wajah dengan Photoshop8. Sementara seleksi aktif, klik layer face untuk mengaktifkannya. Lalu tekan Ctrl+C {copy} kemudian tekan Ctrl+V {paste}.Tipografi Wajah dengan Photoshop9. Langkah diatas menciptakan layer baru kembali dengan nama layer 1. Sembunyikan terlebih dahulu layer face dan typografi dengan  mengklik gambar mata pada layer agar layer 1 terlihat jelas bahwa layer tersebut adalah kumpulan typografi yang membentuk suatu object wajah seperti dibawah.Tipografi Wajah dengan Photoshop10. Tapi belum selesai sampai di sini, perlu menambahkan suasana dramatis dengan membuat efect huruf-huruf yang keluar dari wajah, seperti terbawa angin. Untuk itu, buatlah layer baru lagi dan berilah nama typografi 2 sapukan beberapa Brush Srambled Letters di samping wajah seperti pada gambar dibawah ini.Tipografi Wajah dengan Photoshop11. Klik ganda pada layer typografi 2 untuk membuka jendela layer style. Pada jendela layer style, pilih Gradient Overlay dan atur settingan di dalamnya seperti gambar dibawah. Langkah ini untuk membuat kumpulan huruf tambahan pada layer typografi 2 mempunyai gradasi dari terang ke gelap sehingga menunjukkan kedalaman agar artwork terlihat lebih realistis.Tipografi Wajah dengan Photoshop12. Buat layer mask untuk 'Layer 1', caranya klik ikon layer mask di bagian bawah layer palette. Klik thumbnail layer mask di 'layer 1' kemudian buat bentuk acak seperti gambar dibawah ini dengan Pen Tool (P). Sementara Pen tool aktif, klik kanan pada area kerja, lalu pilih Make Selection untuk mengubah garis kurva menjadi seleksi. Jika sudah, isi area yang terseleksi dengan warna hitam. Langkah ini akan membuat bagian tersebut menjadi tidak kelihatan sekaligus menciptakan efek acak yang membuat artwork lebih dramatis.Tipografi Wajah dengan PhotoshopTipografi Wajah dengan Photoshop13. Anda bisa berimprovisasi menciptakan kesan acak melalui langkah diatas tadi. Semakin acak bentuk yang anda buat, maka akan semakin kuat harmonisasi yang dikesankan dalam artwork.
Tipografi Wajah dengan Photoshop14. Terakhir, kita masuk kedalam bagian pewarnaan. Buat sebuah layer baru diposisi paling atas layer-layer yang lain. Beri nama layer tersebut dengan 'warna'. Gunakan Gradient Tool (G) dan bukan Gradient editor. Pada Gradient Editor, atur settingan warna gradasi dari hijau ke orange seperti pada gambar dibawah.

Tipografi Wajah dengan Photoshop15. Drag Gradient Tool (G) pada area kerja, kemudian ganti blending mode untuk layer 'warna' menjadi Color.

Tipografi Wajah dengan PhotoshopTipografi Wajah dengan Photoshop

Hasil Akhir
Beginilah hasil akhir dari tutorial tipografi wajah di photoshop. Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan bisa dikembangkan dengan kreasi artwork kanda sendiri. Thanks for reading!

Tipografi Wajah dengan Photoshop

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Translate

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Plurk
Plurk With Me!
Facebook
Add My Facebook
Site Map | Mobile | Web
All Soft